Rabu, 28 September 2011

WIRELESS LAN

Teknologi wireless adalah salah satu pilihan yang tepat untuk menggantikan teknologi jaringan yang terdiri dari banyak kabel dan sebuah solusi akibat jarak antar jaringan yang tidak mungkin dihubungkan melalui kabel. Wireless memang tidak bisa menggantikan kabel yang ada dimuka bumi ini seperti kabel untuk listrik ( tidak ada wireless power atau wireless PLN) namum kegunaan dari wireless sudah tidak bisa diragukan.
Teknologi wireless sangat cocok dan banyak digunakan untuk mengantikan kabel-kabel mouse, kabel jaringan LAN dan bahkan kabel WAN yang sebelumnya membutuhkan jaringan dari telkom. Teknologi yang digunakan untuk masing-masing kebutuhanpun berbeda-beda sesuai dengan jarak tempuh yang mampu ditanganinya.

STANDARISASI WIRELESS
Untuk apa harus repot-repot dengan standarisasi ?
Untuk sebuah teknologi yang bersifat massal, sebuah standarisasi sangatlah dibutuhkan. Standarisasi akan memberikan banyak keuntungan, diantaranya adalah :

Pertama, pembuat hardware yang berbeda bisa saling bekerja sama.
Kedua, pembuat hardware tambahan bisa membuat peralatan yang berlaku untuk semua peralatan berdasarkan informasi dari standarisasi yang telah baku.
Ketiga, penghematan dan perkembangan teknologi yang jauh lebih cepat.

WIRELESS MODUS AD-HOC
Pada saat mendengar jaringan wireless, yang ada dikepala kita adalah jaringan antar komputer yang dijembatani oleh sebuah peralatan yang namanya Access Point atau Wireless Access Point (AP/WAP).
Jaringan Ad-Hoc digunakan untuk menggantikan kabel UTP yang dicross, selain lebih fleksibel, bentuk jaringan ini juga mampu menghubungkan beberapa komputer secara bersamaan, sesuatu yang tidak bisa dilakukan oleh kabel cross UTP.
Bentuk jaringan wireless yang paling sederhana adalah jaringan ad-hoc yang juga dinamakan sebagai jaringan peer to peer dan kadang – kadang dinamakan IBSS ( Independent Basic Service Set )

Bagaimana Jaringan Ad-Hoc Bekerja
Komputer yang disetting dengan modus Ad-Hoc bekerja dengan cara yang unik karena setiap komputer bisa menjadi “Bos”. Pada saat komputer dihidupkan, ia akan mencari keberadaan komputer lain yang mempunyai nama jaringan yang sama.
Didalam jaringan wireless, Anda mengenal konsep yang hampir sama dengan nama workgroup namun dengan istilah yang berbeda yaitu SSID ( Service Set Identifier). Komputer –komputer yang terhubung ke dalam jaringan wireless Ad-Hoc, harus mempunyai SSID yang sama.
Komputer pertama yang dihidupkan pada jaringan Ad-Hoc, akan mengirimkan paket yang dinamakan sebagai beacon. Beacon merupakan paket yang berisi informasi SSID

Tidak ada komentar:

Posting Komentar